April Mop dan Islam


Sebelum 1 April ada Apakah?

Apa yang dirancang dan direncanakan orang di akhir bulan Maret untuk menghadapi bulan April, tepatnya tanggal 1 April? Tentu saja,mereka merencanakan lelucon untuk ngerjain orang lain. Kita mengenal lelucon 1 April ini sebagai April Mop. Orang barat menyebutnya sebagai April Fool's Day. Sebelum terlanjur merancang lelucon 1 April, baca dulu yang di bawah ini sehingga kamu bisa memilih jalan yang benar untuk menghadapinya.

Hari Berkabung umat Islam

Ada yang bilang sejarah April Mop berhubungan dengan sejarah memilukan umat Islam Granada yang pernah berkuasa di Spanyol. Ceritanya begini.

Spanyol mulai dikuasai umat Islam sejak abad ke-8 M. Satu persatu daerah dan kota di Spanyol di bebaskan dari kekufuran kembali kepada Islam. Dengan perlakuan baik dari umat Islam, penduduk-penduduk asli Spanyol pun berduyun-duyun masuk ke Islam.

Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya. Selama itu pula kaum kafir yang ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol.

Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya.

Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan bir dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur'an.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai Pasukan Salib. Penyerangan oleh pasukan Salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Satu persatu daerah di Spanyol jatuh.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Granada terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Salib terus mengejar mereka.

Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan mayat bergelimpangan, tentara Salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah.

Dengan lantang tentara Salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol.

Keesokan harinya, tepat 1 April 1487 M (catat tahun ini!) atau 892 H, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, berjalan menuju pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan Salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka.

Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara Salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara Salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol.

Ribuan umat Islam di pelabuhan tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Sedang para tentara Salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Akhirnya, ribuan tentara Salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam.

Inilah yang kemudian diperingati setiap tanggal 1 April, sebagai April Mop. Mereka telah berhasil menipu dan membohongi umat Islam Granada. Selanjutnya, setiap tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain untuk lelucon.


Hukum Ber-April Mop

Ngerjain orang lain tentu termasuk mengganggu orang lain plus berbuat yang nggak bermanfaat. Dua hal itu sudah dilarang dalam Islam. Apalagi tradisinya, lelucon April Mop dibuat dengan membuat cerita lucu bohongan. Berbohong agar orang lain ketawa sudah dilarang oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, “Celakalah orang yang berdusta untuk membuat orang-orang tertawa, celakalah ia, celakalah ia!” (Riwayat At-Tirmidzi, hasan sahih)  

Kesimpulannya, April Mop tidak boleh kita rayakan. Awalnya, ia merupakan hari raya agama kuno Eropa yang dimodifikasi. Selain itu, isi April Mop adalah saling ngerjain dengan lelucon bohong. Semua itu dilarang Islam. So, selamat tinggal April Mop! (*Abozay)

Sumber : triple double u dot islamtomorrow dot com
[Diketik ulang dari Majalah elFata Edisi 03 Volume 08 Tahun 2008]

0 komentar: